24 Peluang Usaha Modal Kecil di Desa dengan Untung Besar

Bagi kamu yang tinggal di desa jangan khawatir, karena saat ini ada banyak sekali peluang usaha modal kecil di desa yang dapat membawa perekonomian kamu ke arah yang lebih baik lagi. Hal ini bisa terjadi karena kini desa bukanlah tempat yang identik dengan kemiskinan, terpencil, keterbatasan peluang kerja dan lain sebagainya. Sebaliknya, justru desa kini menjelma menjadi tempat yang sangat menjanjikan untuk memulai usaha dengan modal kecil.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama di bidang bidang jaringan internet yang semakin pesat juga menjadi salah satu kekuatan yang menciptakan banyak sekali peluang usaha modal kecil di desa. Teknologi internet juga membuat desa menjadi tidak ketinggalan dari kota.

Bahkan kini desa memiliki banyak sekali komoditas yang tidak di miliki orang-orang di kota. Apalagi sekarang ini berbagai peluang usaha di desa di kembangkan dengan skala modal kecil tetapi memiliki keuntungan yang lumayan menjanjikan. Nah, di artikel ini kamu akan memberikan beberapa peluang usaha modal kecil menjanjikan yang dapat di kembangkan dan bisa menjadi penghasilan yang sangat potensial.

Peluang Usaha Modal Kecil di Desa dengan Untung Besar

Di sini kita akan membagi dua jenis peluang usaha yaitu offline dan online. Di mana kedua jenis usaha tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Namun tetap memberikan keuntungan yang besar dan yang paling penting adalah bisa di mulai dengan modal yang kecil.

Peluang Usaha Offline

Ini adalah jenis peluang usaha yang menjanjikan yang dapat di kerjakan di rumah dengan target pasar lokal yaitu kawasan tempat kamu tinggal dan sekitarnya. Pendapatan pada jenis usaha ini adalah dari orang yang datang ke rumah maupun toko kamu untuk membeli produk atau jasa yang kamu sediakan.

Kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal yang perlu kamu dapatkan karena orang-orang yang membeli produk kamu adalah orang-orang yang kamu kenal. Selain itu kualitas produk serta pelayanan jasa yang kurang baik juga bisa berdampak pada terhambatnya usaha offline kamu. Berikut ini beberapa peluang usaha modal kecil menjanjikan yang cocok di kembangkan di daerah pedesaan.

1.Membuka Jasa Menjahit

Usaha di bidang fashion adalah salah satu jenis peluang usaha yang bisa di bilang tidak ada matinya, termasuk juga jenis usaha yang berhubungan dengan pakaian. Pasalnya saat ini kebanyakan orang ingin tampil menarik di mata orang lain. Berbeda degan zaman dahulu, di masa sekarang pakaian tidak hanya berupa lembaran kain yang berfungsi untuk menutupi bagian tubuh.

Melainkan pakaian sudah menjelma menjadi sebuah estetika dalam berpakaian yang bisa menunjukkan kelas sosial dari pemakainya. Di tambah lagi ada banyak sekali model pakaian yang membuat orang rela mengeluarkan uang lebih hanya demi mendapatkan pakaian model baru yang di inginkan.

Masalahnya adalah bagi warga desa untuk mendapatkan pakaian baru bukan hal yang mudah, dikarenakan jarak yang jauh serta harga yang kadang tidak bersahabat. Maka menjahitkan pakaian dapat menjadi solusi terbaik untuk mengatasi kedua masalah tersebut, mendapatkan yang sesuai dengan keinginan namun dengan biaya yang tidak menguras isi kantong.

Belum lagi untuk orang yang memiliki badan gemuk atau kurus tentu akan kesulitan untuk menemukan pakaian yang cocok, maka dari itu membuka jasa penjahit adalah peluang usaha rumahan yang sangat cocok di kembangkan di daerah pedesaan. Soalnya jasa semacam ini sangat bergantung kepada kemampuan diri sendiri dalam mengolah kain. Dengan memadukan skill serta bahan pakaian dan kualitas jahitan akan membuat siapapun antri untuk menjadi pelanggan kamu.

2.Jasa Potong Rambut dan Perawatan Tubuh

Masih ingatkah kamu di masa lalu ketika pergi ke tukang pangkas rambut, maka kamu akan di tawarkan berbagai model gaya rambut yang dari poster yang memuat berbagai gaya rambut pada masa itu. Di masa sekarang ini, gambar-gambar seperti itu sudah tidak berlaku lagi. Pasalnya sekarang ini ada banyak sekali model gaya rambut baik pria maupun wanita, bahkan setiap tahun selalu ada model rambut yang baru.

Apalagi untuk anak muda zaman sekarang, potongan rambut tidak melulu harus rapi dan potongan standar saja. Kini mereka akan datang dengan membawa model rambut yang terpampang pada layar ponsel pintar mereka. Kebanyakan orang sekarang percaya dan yakin jika model rambut yang tepat akan meningkatkan percaya diri mereka. Ini belum termasuk warna rambut yang beraneka ragam.

Bagi para wanita ada lebih banyak urusan yang perlu di perhatikan lagi soal masalah rambut. Kamu dapat memberikan layanan lain misalnya saja seperti creambath atau perawatan kulit wajah. Beragam layanan ini sangat di butuhkan di desa dan termasuk peluang usaha modal kecil untung banyak yang sangat menjanjikan jika di kembangkan di daerah desa yang masih berdekatan dengan kota.

3.Jasa Laundry

Siapa bilang membawa pakaian kotor ke penyedia jasa pencucian pakaian hanya di lakukan oleh orang-orang kota saja? Warga desa pun saat ini sudah banyak yang membutuhkan jasa seperti ini. Soalnya jika di hitung-hitung menggunakan jasa laundry atau pencucian pakaian jauh lebih irit jika di bandingkan mencuci di rumah.

Dengan menyerahkan urusan mencuci pakaian ke jasa laundry maka ibu-ibu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal yang lain. Selain bisa membuat tagihan listrik melonjak karena menggunakan mesin cucic dan juga air, belum lagi di tambah lamanya waktu untuk menyetrika pakaian. Maka dari itu sebagian besar orang saat ini lebih menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakaian kotor mereka.

Usaha seperti ini bisa kamu jalankan di rumah degan memanfaatkan bagian belakang rumah atau bagian teras. Kamu hanya perlu menyediakan mesin cuci, timbangan pakaian, setrika serta kantong plastik saja untuk menjalankan usaha ini. Enaknya lagi jika kamu memiliki halaman rumah yang luas untuk menjemur pakaian sehingga tidak perlu meninggalkan rumah untuk mengerjakannya. Peluang usaha modal kecil ini akan lebih menarik jika kamu juga menyediakan jasa antar jemput pakaian.

4.Usaha di Bidang Kuliner

Jika kamu suka meracik berbagai bumbu masakan dan hasil masakan kamu di nilai enak oleh kerabat dekat kamu, maka kenapa kamu tidak mencoba menjalankan peluang usaha modal kecil menjanjikan di bidang kuliner. Ini adalah jenis usaha yang bisa di kembangkan di mana pun, kapan pun serta dengan skala modal berapa pun.

Hal itu karena kamu dapat menyesuaikannya dengan jenis makanan yang pandai kamu buat. Jika kamu pandai membuat makanan khas desa, maka mulailah untuk membuat berbagai jenis sayur dan lauk. Kamu tidak harus menyewa kios di pinggir jalan, pasalnya di desa pemasaran yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut.

Begitu orang cocok dengan cita rasa makanan yang kamu buat, maka keleatan dari makanan kamu akan dengan cepat tersebar ke seluruh penjuru desa. Dampaknya setiap pagi warung kamu akan kebanjiran oleh pesanan dari para ibu yang tidak ingin membuang waktunya untuk memasak di dapur sehingga lebih memilih untuk membeli sayur di warung kamu.

Peluang usaha modal kecil di desa ini bisa lebih di kembangkan lagi dengan menyediakan layanan pesanan makanan dalam jumlah besar atau sering kita sebut dengan catering, misalnya untuk acara hajatan, pertemuan dan lain sebagainya. Usaha ini juga dapat di jalankan hanya di rumah saja. Selain itu usaha kuliner semacam ini juga dapat di turunkan atau di teruskan oleh anak.

5.Warung Kelontong

Warung kelontong yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari adalah jenis usaha yang lazim di jumpai. Kelengkapan barang serta harga yang bersaing menjadi salah satu keberhasilan dari usaha ini. Maka dari itu kamu harus pandai dalam mencari toko grosir yang memberikan harga lebih murah dan memiliki banyak stok barang.

Meskipun usaha jenis ini tidak dapat memberikan keuntungan dalam jumlah yang besar, namun keuntungan dari usaha ini adalah kamu bisa selalu mendapatkan cash flow alias uang setiap harinya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan uang untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Ingin warung kelontong kamu cepat berkembang dengan pesat?

Kamu harus bisa membuat sistem pelayanan yang baik untuk semua pelanggan yang datang ke warung kamu yang kebanyakan adalah tetangga sekitar rumah kamu. Kamu harus bisa menyisihkan sedikit uang dari hasil penghasilan kamu di setiap bulannya. Nantinya setiap tahun, misalnya sebelum lebaran kamu dapat memberikan bingkisan ke tetangga di sekitar rumah kamu.

Selain sebagai ajang silaturahim, ini juga dapat menjadi salah satu cara jitu untuk menciptakan pelanggan setia yang selalu datang ke warung kamu. Satu lagi, ramah tamah dan murah senyum juga bisa menjadi salah satu faktor untuk membuat warung kelontong kamu menjadi ramai.

6.Ternak Lele

Inilah peluang usaha modal kecil untuk besar yang bisa kamu jalankan di desa. Ada banyak pilihan ketika kamu berniat untuk menjalankan usaha semacam ini. Pertama kamu dapat beternak khusus pembibitan ikan lele. Artinya usaha kamu hanya fokus pada memelihara induk lele agar bisa bertelur dan dapat menghasilkan ribuan bibit.

Setelah itu kamu hanya tinggal memberi makan benih dengan makanan khusus seperti cacing sutera sampai benih mencapai ukuran yang di inginkan. Tidak perlu repot, karena biasanya para peternak pembesaran lele akan langsung datang ke rumah kamu untuk membeli bibit ikan lele. Pilihan kedua kamu dapat beternak lele dan membesarkannya sampai siap konsumsi.

Untuk jenis usaha ini kamu perlu menyediakan kolam khusus di belakang atau sekitar rumah kamu. Salah satu keunggulan dari beternak lele adalah karena lele mudah di kembang biakan serta tidak repot dari segi perawatannya. Beternak lele tidak hanya mudah di lakukan karena kebanyakan rumah makan selalu menyediakan ikan lele dalam menu makanannya. Melainkan ikan lele juga bisa mencukupi nilai gizi untuk keluarga kamu.

7.Ternak Ayam Kampung

Ayam kampus adalah salah satu jenis ayam yang tidak akan bisa tergantikan oleh jenis ayam potong atau ayam ras. Kualitas nutrisi yang terdapat di dalam daging ayam kampung masih sangat terjaga karena tidak terpapar oleh penyakit. Sehingga konsumsi daging ayam kampung terus mengalami peningkatan.

Beternak ayam kampung untuk kebutuhan konsumsi di rumah makan atau restoran menjadi salah satu peluang usaha modal kecil menjanjikan yang wajib kamu coba. Kamu dapat menyetorkan hasil ayam-ayam kamu ke kota. Modal besar yang harus kamu siapkan untuk jenis usaha ini adalah lahan kosong yang cukup luas untuk ternak ayam.

Hanya orang desa yang sangat potensial untuk mengembangkan usaha semacam ini. Bukan hanya itu saja, usaha ini juga bisa mencukupi nilai gizi untuk keluarga kamu. Karena ayam yang di konsumsi adalah ayam yang di pelihara sendiri serta harga pasti jauh lebih murah ketimbang harus membeli di pasar.

8.Jasa Pembuatan Mebel & Konstruksi

Peluang usaha di desa yang juga tidak kalah menguntungkan adalah membuka jasa pembuatan berbagai perkakas rumah. Mulai dari meja, kursi, almari, tempat tidur hingga daun pintu, jendela dan kusen. Termasuk juga di dalamnya adalah jasa perbaikan dari perkakas yang mengalami kerusakan.

Pasalnya tak semua orang ingin membeli perkakas baru jika hanya sedikit bagian perkakas yang mengalami kerusakan. Peluang usaha ini bisa sangat menguntungkan, kuncinya adalah bagaimana anda bisa memperkecil pengeluaran pembuatan produk serta desain mebel yang bisa menarik perhatian orang lain.

Kamu bahkan tidak perlu terjun langsung untuk mengerjakan semua pekerjaan, Kamu bisa mempekerjakan orang yang memang ahli dalam bidang memahat, memotong dan keahlian tukang kayu pada umumnya. Sementara kamu fokus pada bagian pemasaran produk, mengumpulkan berbagai desain mebel serta mencari bahan baku yang murah.

Kenapa usaha semacam ini sangat menguntungkan> Alasannya berbagai produk mebel yang di jual di kota kebanyakan juga berasal dari orang-orang di desa. Jadi kenapa harus pergi ke kota hanya untuk membeli perkakas rumah tangga? Selain harganya juga jauh lebih murah ketimbang harus membeli di toko mebel yang ada di kota.

9.Jamur Tiram

Ingin memiliki penghasilan setiap harinya? Usaha pengembang biakan jamur tiram bisa menjadi pilihan terbaik. Bertani jamur tiram merupakan sebuah peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan yang besar. Apalagi usaha yang satu ini juga dapat kamu mulai dengan modal yang kecil.

Bukan hanya itu saja, bahan baku yang di butuhkan untuk sarana media pertumbuhan jamur tiram juga sangat mudah di temukan di desa serta di jual dengan harga murah. Mulai dari serbuk kayu, kapur dan dedak yang biasanya sering di jadikan sebagai makanan untuk ayam. Perlengkapan lainnya yang kamu butuhkan seperti drum dan plastik yang nantinya di gunakan untuk menanak baglog.

Kamu bisa menggunakan kayu sebagai bahan bakar untuk merebus jamur tiram. Keuntungan dari usaha yang satu ini adalah kebanyakan rumah di desa memiliki halaman yang cukup luas, sehingga bisa di manfaatkan untuk menyimpan log jamur tiram.

Kamu dapat mempelajari mengenai bagaimana proses untuk bertani jamur tiram lewat internet atau belajar langsung ke orang yang telah menjalankan usaha ini. Jika kamu sudah rutin untuk membuat media untuk berkembangnya jamur jenis ini, maka jamur ini akan terus tumbuh setiap harinya.

10.Petani Sayur Organik

Peluang usaha modal kecil yang satu ini sangat cocok jika di kembangkan di desa dan hasilnya bisa di jual ke kota. Makanan organik memiliki kandungan gizi yang jauh lebih baik serta kadar kesehatan yang lebih baik untuk di konsumsi. Itu juga yang menjadi penyebab kenapa orang-orang kota banyak yang berburu makanan organik.

Lalu apakah orang di desa tidak suka makanan organik? Bukannya tidak suka justru malah sebaliknya kebanyakan makanan yang di konsumsi oleh orang-orang desa sudah organik. Dengan kesuburan tanah yang ada di desa serta masih terjaganya alam di desa dari paparan bahan kimia membuat peluang usaha yang satu ini sangat mungkin untuk di lakukan. Perlu kamu tahu jika harga sayuran organik jauh lebih tinggi di bandingkan dengan sayuran biasa.

11.Jasa Desain dan Percetakan

Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain untuk berbagai kebutuhan mulai dari spanduk, papan nama toko, baliho dan lain sebagainya. Selain itu orang juga butuh jasa semacam ini untuk berbagai acara seperti pernikahan atau event besar. Jasa desain sekaligus percetakan adalah salah satu peluang usaha modal kecil yang bisa kamu kembangkan di desa.

Biasanya usaha seperti ini meliputi jasa fotokopi, printing, penulisan dokumen bahkan desain kartu undangan juga masuk ke dalam usaha ini. Sehingga kamu dapat menargetkan konsumen lebih banyak. Usaha jenis ini juga sangat mengandalkan kemampuan kamu dalam membuat desain yang menarik. Tak perlu khawatir, keahlian seperti ini bisa kamu pelajari secara otodidak melalui internet dengan mencoba berbagai tutorial yang ada. Syaratnya hanya kamu perlu memiliki komputer atau laptop dan kamu juga harus menyukai dunia seni.

12.Jual BBM

Sering kali ketika kita pergi ke kampung atau ke desa sulit untuk menemukan penjual bahan bakar minyak. Nah, jika kebutuhan akan BBM lumayan tinggi dan di lihat dari semakin bertambahnya jumlah kendaraan pribadi. Maka dari sini kamu bisa memanfaatkan peluang usaha di kampung yang menjanjikan, yaitu dengan menjual BBM. Peluang ini cukup bagus jika di jalankan pada wilayah desa yang sedang dalam proses berkembang.

Untuk menjalankan bisnis ini kamu membutuhkan beberapa tanki kecil untuk menjual BBM dan satu tanki besar untuk menyimpan BBM. Atau jika kamu ingin lebih praktis kamu bisa menggunakan alat Pertamini yang banyak di jual di marketplace dan toko online. Selain itu kamu juga harus rutin membeli BBM di Pertamina untuk di jual lagi di tempat kamu. Tak perlu halaman luas untuk membuka bisnis jualan BBM ini.

13.Beternak Kroto

Buat kamu yang gemar beternak tak ada salahnya untuk mencoba usaha di kampung modal kecil yaitu dengan budidaya kroto. Kroto sendiri merupakan semut dengan ukuran besar atau sering di sebut dengan semut rangrang. Memang semut ini bisa menghasilkan uang? Perlu kamu tahu jika per kilogram telur semut rangrang di jual dengan harga yang sangat mahal. Alasannya karena telur semut ini sudah sangat sulit di temukan di alam liar.

Sementara itu peminat telur semut ini sangat tinggi, misalnya saja untuk pakan burung dan ikan hias. Cara budidaya telur kroto juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyediakan rak khusus dan toples sebagai tempat semut bertelur. Sementara untuk periode panen biasanya 15 – 20 hari tergantung dari bagaimana cara perawatan yang kamu lakukan. Semakin banyak toples yang kamu gunakan sudah pasti semakin banyak telur kroto yang bisa kamu panen.

14.Membuka Les Bimbingan Belajar

Sekarang ini kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya sebuah pendidikan semakin tinggi. Peluang usaha bimbingan belajar di desa mungkin tidak begitu di minati di daerah pedesaan. Tetapi jika wilayah desa kamu memiliki tingkat kepedulian pendidikan lumayan tinggi, maka tak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis di kampung tanpa modal ini.

Kamu bisa membuka jasa bimbingan belajar untuk pelajaran sekolah SD, SMP atau SMA. Kamu hanya perlu menyiapkan meja dan kursi saja sebagai tempat belajar bagi para murid. Dengan cara belajar yang menyenangkan dan juga asik maka murid akan merasa senang, Apalagi jika kamu mematok harga yang tidak terlalu mahal untuk masyarakat di desa, di jamin bisnis kamu akan laris manis.

15.Jual Pulsa dan Paket Internet

Seperti yang kita tahu jika saat ini kebanyakan masyarakat telah melek dengan internet termasuk pula di wilayah pedesaan. Hal itu di barengi juga dengan perkembangan smartphone yang semakin pesat. Nah, dari sini kamu bisa memanfaatkan peluang dengan menjual pulsa dan paket internet. Tentu saja agar bisa berselancar di internet sebuah smartphone membutuhkan pulsa dan paket internet.

Apalagi untuk memulai usaha berjualan pulsa dan paket internet ini kamu tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Kamu hanya perlu memiliki satu buah smartphone dan mendaftar menjadi agen pulsa dan paket internet. Lalu kamu tinggal memasang spanduk di depan rumah yang bertuliskan “Jual Pulsa dan Paket Internet”. Jika memang di butuhkan kamu juga bisa sekalian berjualan token listrik.

Peluang Usaha Online

Ini adalah jenis usaha yang sangat mengandalkan teknologi komunikasi berbasis internet. Jangan salah, pengguna internet di Indonesia saat ini saja telah mencapai angka 131 juta yang artinya sudah setengah warga negara aktif di internet termasuk juga warga desa. Bahkan anak muda saat ini sudah sangat akrab dengan dunia internet.

Dari angka tersebut saja sudah menunjukkan jika warga yang ada di desa sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu usaha dengan menggunakan teknologi internet sangat menarik untuk di kembangkan di desa denga memanfaatkan sosial media. Oleh sebab itulah usaha modal kecil di desa yang memanfaatkan teknologi internet menjadi salah satu peluang yang sangat menguntungkan.

Satu lagi, usaha di bidang online sebenarnya tidak selalu menggunakan teknologi internet yang rumit dan sulit di pahami. Bahkan orang tua pun dapat memahami bagaimana cara kerja berjualan online di internet. Nah, berikut ini kami telah memiliki beberapa peluang usaha secara online yang dapat di kembangkan di desa dan tentunya peluang usaha ini sangat menjanjikan dan bisa memberikan keuntungan yang besar.

1.Jualan Produk Kuliner Khas Desa Secara Online

Salah satu keuntungan berjualan produk secara onlie adalah kamu bahkan tidak perlu membangun toko atau menyewa ruko di tempat yang strategis. Kamu juga tak perlu membeli barang dari orang lain dan menjualnya kembali. Melainkan kamu bisa menjual produk atau barang orang lain dengan berperan sebagai seorang reseller atau marketing.

Ada banyak sekali produk yang bisa di jual secara online, salah satunya adalah produk kuliner yakni makanan khas desa yang bisa bertahan berhari-hari ketika di kirim menggunakan jasa ekspedisi. Misalnya saja jenis makanan kering seperti keripik, rempeyek dan aneka jenis kerupuk. Dengan cara pengemasan yang baik kamu bahkan dapat menjual gudeg rendang secara online.

Bahkan ada seorang ibu yang berjualan pecel dan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 3 juta dalam sehari, lalu bagaimana caranya? Caranya adalah pecel tersebut di rebus lalu di keringkan kemudian di kemas dengan rapat menggunakan plastik kedap udara. Sambalnya pun juga di kemas dalam bentuk kering. Jadi pembeli hanya perlu menuangkan air panas sebelum menikmati pecel tersebut.

Makanan khas desa adalah jenis makanan yang selalu di rindukan, khususnya orang-orang yang tinggal di kota. Hal itu karena makanan khas desa memiliki cita cara yang tidak bisa di duplikasi oleh rumah makan yang ada di kota. Sudah jelas ini adalah peluang usaha modal kecil untuk besar yang wajib kamu kembangkan di desa.

2.Menjual Aksesoris dan Souvenir Khas Desa

Menjual berbagai macam souvenir khas desa adalah salah satu peluang usaha modal kecil yang sangat menjanjikan. Seperti halnya dengan Bornet-B, sebuah toko online yang menjual berbagai aksesoris dan souvenir dengan daya tarik utama manik-manik khas suku dayak di Kalimantan.

Manik-manik atau sering di sebut dengan mutu manikan oleh orang dayak memang sudah sangat terbukti mampu membuat siapapun yang melihatnya tertarik untuk memilikinya, baik itu di kelas pasar domestik maupun mancanegara. Bahkan produk dari Borneo-B juga sering masuk dalam pentas peragaan busana nasional dan internasional.

Dampaknya selain bisa memberikan penghidupan bagi perempuan dayak yang mengerjakan aksesoris juga membuat tanah Borneo menjadi semakin populer di mata dunia. Borneo-B tidak hanya sukses menjual aksesoris khas suku dayak tetapi juga berhasil memperkenalkan produk asli Indonesia ke mancanegara.

3.Menjual Produk Mebel Secara Online

Bertahun-tahun para pengrajin kayu di Jepara menjual keindahan karya mereka secara konvensional melalui galeri di pinggir jalan kota Jepara. Tetapi kebanyakan pengrajin kayu Jepara saat ini telah banyak yang memanfaatkan internet untuk menjual produknya. Langkah itu malah memberikan keuntungan yang besar untuk mereka karena dapat memangkas biaya marketing yang sangat besar.

Langkah tersebut juga di ikuti oleh para tukang kayu yang ada di desa Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Warga desa di perbukitan yang berdekatan langsung dengan Kabupaten Gunungkidul ini sekarang tidak perlu lagi untuk keliling kota dan perkampungan dengan menggunakan gerobak untuk menawarkan produk mebel mereka seperti daun pintu, jendela dan berbagai perkakas yang terbuat dari kayu lainnya.

Melainkan mereka hanya perlu memfoto semua produk perkakas mereka dan memajangnya di marketplace atau media sosial dan dari situlah pesanan datang kepada mereka. Cara berjualan yang seperti ini membuat peluang usaha mebel ini menjadi sangat mudah sekaligus menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang banyak.

4.Membuka Jasa Pembuatan Website

Inilah salah satu peluang usaha menjanjikan di desa yang juga menarik ntuk di kembangkan saat ini. Saat ini banyak orang yang membutuhkan website untuk berbagai keperluan, termasuk juga untuk warga desa. Salah satunya adalah desa wisata, di mana desa wisata sangat membutuhkan wisatawan yang berasal dari luar desa sehingga membutuhkan website sebagai media promosi secara online.

Apalagi usaha semacam ini tidak harus di kelola di kota saja, melainkan di desa pun bisa asalkan desa tempat kamu tinggal memiliki koneksi internet yang cukup memadai. Keuntungan dari peluang usaha ini adalah kamu dapat menentukan harga sendiri sebagaimana umumnya jasa semacam ini. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan sendiri berapa keuntungan yang akan kamu dapatkan untuk satu kali pengerjaan website.

Selain jasa pembuatan website kamu juga dapat memberikan layanan pengelolaan website. Tentu tidak semua orang bisa mengelola website dengan benar, maka dari itulah jasa pengelolaan website juga sangat di butuhkan. Untuk memulai jasa ini tentu yang kamu butuhkan adalah sebuah komputer atau laptop serta skill dalam membuat website. Kamu dapat mempelajari keahlian ini secara mandiri melalui tutorial yang ada di internet.

5.Membangun Toko Online Sendiri untuk Berjualan

Kamu dapat membuat toko online sendiri namun semua produk yang kamu jual fokus untuk desa. Kamu bisa mencari berbagai produk yang di butuhkan oleh warga desa lalu menjualnya kepada mereka. Misalnya warga desa kamu kebanyakan adalah sebagai seorang petani, maka kamu bisa menjual berbagai alat pertanian kepada warga desa melalui toko online milikmu.

Keuntungan dari jual beli online ini adalah kamu bisa memberikan penawaran harga yang lebih murah ketimbang warga harus membelinya langsung ke toko di kota. Pasalnya jualan secara online dapat memotong biaya distribusi karena barang berasal langsung dari pabrik. Selain itu kamu pun tak perlu repot untuk menyewa toko maupun ruko.

Bukan hanya alat pertanian saja, tetapi kamu juga bisa menjual produk lainnya seperti makanan, produk fashion mulai dari pakaian hingga berbagai aksesoris kecantikan lainnya, lalu kamu juga bisa menjual berbagai peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Toko online kamu akan unggul ketimbang toko konvensional. Keunggulan toko online adalah kamu bisa menjual banyak produk yang tidak tersedia di toko sekitar desa.

6.Menjadi Seorang Content Writer

Content writer adalah sebuah pekerjaan menulis konten berupa artikel untuk kebutuhan website. Pekerjaan jenis ini tidak membutuhkan kantor atau tempat khusus, kamu hanya perlu memiliki laptop sebagai sarana untuk menulis serta internet. Koneksi internet bahkan bisa hanya kamu jalankan pada ponsel pintar kamu saja.

Semua materi yang di butuhkan untuk membuat sebuah konten artikel bisa kamu dapatkan di jagad maya kamu bahkan tidak perlu beranjak dri tempat duduk untuk menjalani usaha ini. Pekerjaan menjadi content writer semakin populer setelah perkembangan internet semakin pesat seperti saat ini.Untuk menjalankan usaha ini kamu harus pandai merancang kosa kata serta harus suka membaca berbagai informasi untuk materi artikel yang kamu buuat.

Agar banyak pemilik website yang mau menggunakan jasa kamu kamu harus berani memberikan tulisan artikel yang berkualitas. Caranya adalah dengan membuat artikel yang enak di baca serta gampang di pahami oleh para pembaca. Selain itu artikel yang berkualitas juga harus mampu memberikan solusi atas masalah yang di alami oleh para pembaca.

Maka dari itulah kamu harus selalu mengikuti update informasi terbaru melalui berbagai website dan blog yang ada di internet. Gampangnya ini adalah sebuah peluang usaha modal kecil untuk banyak yang sangat menjanjikan dan bisa di kembangkan bahkan di daerah desa sekalipun.

7.Menjadi Seorang Blogger

Kampung yang bernama Jl. Serayu Kaya, Desa Menowo, Kecamatan Kedungsari, Magetan, Jawa Tengah. Kebanyakan anak muda di sana menghabiskan waktu mereka di depan laptop dengan menjadi seorang blogger dan menghasilkan pundi-pundi rupiah setiap bulannya. Inilah yang di sebut dengan kampung blogger karena sebagian besar pemuda di sana menekuni menekuni pekerjaan di dunia blogging.

Menjadi seorang blogger berarti kamu harus mengelola sebuah blog atau website, menciptakan berbagai konten yang menarik secara konsisten dan berkualitas dengan cara mengunggah tulisan, gambar dan video secara rutin. Lalu bagaimana pekerjaan seperti ini bisa menghasilkan banyak uang di setiap bulannya? Caranya adalah dengan memasang iklan di dalam blog atau website yang kamu kelola.

Jangan salah pekerjaan menjadi seorang blogger ini bisa membuat para pemuda di kampung tersebut tidak perlu pergi ke mana-mana, cukup di rumah saja mereka bisa menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya. Padahal mereka tetap tinggal di desa, jadi pengeluaran mereka masih sama sebagaimana orang desa pada umumnya. Para pemuda Desa Menowo membuktikan jika pekerjaan menjadi seorang blogger sangatlah menguntungkan.

8.Membuka Warnet

Peluang usaha di desa yang menguntungkan lainnya adalah dengan membuat warung internet alias warnet. Kebanyakan orang saat ini memang sudah memiliki ponsel pintar sendiri dengan koneksi internet. Tetapi berselancar di dunia maya menggunakan smartphone tidaklah seleluasa berselancar dengan meggunakan komputer yang memiliki layar besar.

Apalagi berselancar dan download file lewat smartphone akan menguras kuota internet sehingga akan menguras kantong. Warnet adalah peluang usaha di desa yang sangat di butuhkan di daerah desa. Kamu juga bisa membuka jasa lain misalnya jasa printing dokumen atau jasa download film serta kamu juga bisa menjual berbagai macam makanan ringan untuk menemani para pengguna internet ketika di warnet kamu.

9.Membuka Warung Angkringan dengan WiFi

Warug angkringan adalah solusi yang paling konkrit untuk semua orang untuk mendapatkan kesenangan. Di warung inilah kamu bisa mendapatkan nasi bungkus dengan harga murah, berbagai macam gorengan dan laup pauk sekedarnya, menyeruput kopi panas, kopi jahe, teh hangat dan berbagai minuman lainnya baik panas maupun dingin.

Selain menikmati berbagai macam makanan dan minuman yang tersedia, kamu juga bisa bercengkrama dengan teman-teman. Umumnya warung semacam ini akan buka dari sore hari hingga dinihari. Hebatnya lagi semua makanan dan minuman yang ada di warung angkringan bisa kamu beli dengan harga yang murah meriah.

Nah, jika warung angkringan milik kamu di datangi oleh banyak pembeli maka memasang WiFi atau internet gratis merupakan langkah yang paling tepat. Layaknya gula yang memanggil semut, keberadaan internet gratis akan mengundang para anak muda karena mereka dapat berselancar di dunia maya selama berjam-jam. Buatlah tempat duduk yang asyik dan di jamin angkringan kamu tidak akan pernah sepi dari pengunjung.

Nah, itu tadi adalah beberapa peluang usaha modal kecil di desa yang bisa kamu coba jalankan. Jenis-jenis usaha di atas dapat kamu jalankan dengan modal yang kecil dan bisa di jalankan hanya di halaman rumah kamu. Sebagian usaha di atas juga tidak selalu menjual produk kebutuhan sehari hari sehingga memiliki daya survive yang sangat tinggi.

Leave a Comment