10 Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian untuk Mahasiswa

5 min read

Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian – Di zaman sekarang ini menjadi pengusaha sukses di usia muda menjadi impian banyak orang. Waktu kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk memulai membuka usaha. Alasannya adalah karena di waktu itulah anak muda sedang produktif dan selalu ingin mencoba dan mengeksplor hal baru. Alangkah baiknya jika hasrat keingintahuan tersebut di salurkan ke arah yang lebih baik, salah satunya adalah untuk membuka usaha.

Selain itu di masa kuliah juga banyak anak muda yang ingin hidup mandiri dan tidak terus bergantung dengan orang tua. Maka dari itulah maka kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk memulai usaha baru. Nah, untuk kamu yang masih kuliah dan ingin memiliki penghasilan sendiri, berikut ini kami beberapa ide bisnis makanan ringan kekinian untuk mahasiswa.

Ide Bisnis Makanan Kekinian

Menjadi seorang pebisnis makanan ringan ternyata sangat menjanjikan. Jika kamu oandai menemukan makanan atau camilan yang pas dan cocok dengan selera di pasaran bukan tidak mungkin kamu menjadi pengusaha yang sukses di usia muda. Banyak juga pengusaha makanan ringan yang berawal dari usaha rumahan namun kini telah menjadi pengusaha yang besar. Hal ini sudah membuktikan jika makanan ringan dapat di jadikan sebagai bisnis yang menjanjikan.

Memiliki usaha makanan ringan bisa membuat kamu menjadi mahasiswa yang mandiri karena telah memiliki penghasilan sendiri. Sehingga kamu tidak perlu bergantung lagi dengan uang kiriman tiap bulan dari orang tua. Berikut ini adalah beberapa ide bisnis makanan ringan untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan.

1.Kerupuk Seblak

Beberapa tahun belakangan ini seblak menjadi salah satu makanan yang paling banyak di cari terutama oleh kalangan milenial. Cita rasa gurih dan pedas membuat siapa pun yang memakannya pasti akan ketagihan. Jika biasanya kamu makan seblak basah dengan kerupuk, bakso dan campuran ayam suwir atau ceker ayam maka ada versi inovasinya, yaitu kerupuk seblak.

Sama seperti seblak basah, kerupuk seblak juga banyak di cari orang. Selain rasanya yang gurih, rasa pedas yang di tawarkan juga semakin membuat orang ketagihan untuk memakannyaa terus. Keuntungan bisnis kerupuk seblak ini adalah kamu dapat menjualnya ke luar daerah yakni dengan mengemasnya. Memanfaatkan sosial media di jamin bisnis kerupuk seblak kamu akan laris manis di buru para pecinta seblak.

2.Bakso Goreng

Saat ini para pengusaha makanan ringan semakin kreatif saja dengan menciptakan berbagai inovasi makanan ringan baru demi untuk memikat hati para konsumen. Salah satunya adalah inovasi makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar bakso. Basreng atau bakso goreng adalah makanan ringan kekinian yang banyak di cari orang entah remaja maupun orang tua karena rasanya yang nikmat dan selalu mengundang rasa penasaran bagi siapa pun yang melihatnya.

Karena kepopulerannya banyak sekali pelaku usaha makanan yang mencoba peruntungan dengan membuka usaha bakso goreng dengan berbagai varian yang mereka ciptakan sendiri untuk memikat para pembeli. Sampai saat ini, bisnis bakso goreng masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Selain itu bisnis makanan ringan kekinian ini juga tidak ribet sehingga sangat cocok untuk para mahasiswa yang ingin merintis usaha.

Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

3.Mie Lidi

Mie lidi adalah salah satu jajanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, jajaan ini sangat di gemari anak sekolah. Rasanya yang gurih dan berbagai varian bumbu membuat jajanan ini sangat di gemari. Dengan peminat yang sangat besar, tak ada salahnya jika mie lini ini menjadi inspirasi kamu untuk membuka bisnis.

Kabar baiknya, ternyata mie lidi kini tidak hanya di sukai oleh nakan sekolah saja tetapi juga orang dewasa yang kerap menjadikannya sebagai camilan di kala sedang bersantai maupun bekerja. Pangsa pasar yang masih cukup besar membuat bisnis ini lebih mudah untuk di mulai, selain itu modal yang di butuhkan juga cukup kecil. Siapa sangka mie lidi bisa menjadi bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

4.Usus Crispy

Banyak orang yang memandang rendah usus ayam, tetapi di tangan orang-orang kreatif usus ayam bisa di sulap menjadi makanan ringan yang mampu membuat siapapun menjadi penasaran untuk mencicipinya. Siapa sangka usus kini menjadi jajanan ringan yang di sukai banyak orang dan selalu di cari untuk di jadikan sebagai camilan yang lezat.

Omset yang bisa di hasilkan dari usus crispy tidak bisa di anggap remeh. Makanan ringan yang satu ini masih memiliki pangsa pasar yang lumayan besar sehingga dengan strategi pemasaran yang tepat bisnis usus crispy bisa mendatangkan pundi-pundi yang cukup besar. Apalagi bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar serta mudah untuk di jalankan sehingga sangat cocok untuk para mahasiswa.

Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Online yang Cocok untuk Pemula

5.Keripik Pisang

Keripik pisang, mungkin makanan ringan yang terkesan biasa saja tetapi bagaimana dengan keripik pisang kecu? Atau keripik pisang green tea dan cokelat? Berkerasi dengan berbagai macam rasa menjadi salah satu strategi pemasaran yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman serta keinginan dan selera setiap orang yang pasti berbeda-beda.

Dengan berbagai pilihan rasa serta pengemasan yang menarik dan cara pemasaran yang tepat di jamin bisnis keripik pisang ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan ringan yang menguntungkan. Apalagi masyarakat Indonesia sangat suka mengkonsumsi camilan, sehingga keripik pisang ini bisa menjadi camilan enak yang bisa di konsumsi kapan saja.

6.Tahu Bakso Daging

Dalam kehidupan sehari-hari, tahu menjadi salah satu bahan baku makanan yang sangat akrab di semua kalangan masyarakat. Tahu sering kali di olah menjadi berbagai macam makanan yang lezat, salah satunya adalah tahu bakso daging yang sedang trend saat ini. Ini adalah makanan yang menggunakan bahan dasar tahu goreng namun di berikan isian bakso daging sehingga memiliki cita rasa yang unik.

Tahu bakso daging memang bukan makanan yang baru di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi pamornya masih sangat kuat berbagai berbagai inovasi serta strategi pemasaran dari para pelaku usaha makanan ringan. Tak salah jika pada akhirnya tahu bakso daging kini menjadi salah satu bisnis makanan ringan yang menguntungkan. Dengan modal yang tak terlalu besar bisnis ini sangat cocok untuk siapa saja.

Baca Juga: Peluang Bisnis Modal Kecil di Desa yang Menguntungkan

7.Tahu Kremes

Selain tahu bakso daging, olahan tahu lainnya yang juga tak kalah populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah tahu kremes. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan ringan yang satu ini. Selain cocok di konsumsi sebagai camilan ketika bersantai, tahu kremes juga bisa menjadi temann makan bakso maupun soto. Siapa sangka tahu kremes menjadi salah satu ide bisnis makanan ringan kekinian yang di lirik banyak orang.

Selain memiliki pangsa pasar yang cukup besar, konsumen tahu kremes juga cukup stabil sehingga bisa memberikan keuntungan yang lumayan menjanjikan. Apalagi cara membuat tahu kremes juga sangat mudah dan anti ribet. Tahu juga menjadi bahan baku yang sangat mudah untuk di temukan dan selalu ada di setiap pasar, sehingga bisnis tahu kremes sangat cocok untuk para pemula yang baru merintis usaha.

8.Stik Talas

Colocasia esculenta atau masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan umbi talas adalah jenis umbi-umbian yang kerap di konsumsi dengan cara memasak baik itu di rebus maupun di goreng. Penelitian membuktikan jika umbi talas sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh karena memiliki berbagai kandugan seperti protein, vitamin, zat besi, garam fosfat, vitamin A dan vitamin B.

Selain dapat di konsumsi dengan cara di rebus dan di goreng, umbi talas juga bisa di konsumsi dengan cara lain yakni dengan di jadikan sebagai stik talas. Orang yang pada awalnya kurang menyukai atau bahkan meremekan talas justru akan berbalik menyukainya. Karena olahan stik talas sangatlah lezat dan dapat menggugah selera apalagi jika di tambah dengan bubuk cabai pedas pasti akan membuat ketagihan.

9.Telur Gulung

Kamu mungkin pernah membeli telur gulung di pasar atau bahkan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Semua orang pasti sepakat jika telur gulung adalah jajanan masa kecil yang sangat di gemari. Rasanya yang gurih apalagi jika di celupkan ke dalam saus tomas pasti akan membuat siapapun yang memakannya menjadi ketagihan.

Masyarakat Indonesia seolah-olah di ajak untuk nostalgia ke masa tahun 90-an sampai akhir 2000-an dengan jajanan ringan, salah satunya adalah telur gulung. Siapa sangka telur gulung sampai sekarang tidak ketinggalan peminatnya. Bahkan telur gulung menjadi salah satu peluang bisnis makanan ringan yang laris manis di buru para pembeli yang ingin bernostalgia dengan jajanan masa kecil mereka.

10.Sempol Ayam

Sempol ayam menjadi salah satu makanan yang enak dan nikmat untuk di santap. Kabarnya makanan ringan yang satu ini berasal dari daerah Malang. Rasanya yang enak serta harganya yang sangat terjangkau membuat sempol ayam banyak di buru masyarakat. Wajar bila bisnis sampol ayam mampu menjanjikan kentungan yang lumayan besar.

Di tambah lagi untuk memulai bisis sampol ayam terbilang cukup mudah. Hal itu karena semua bahan dasarnya sangat mudah di temukan serta cara pembuatannya yang tidak ribet. Sehingga siapapun bisa menjalankan bisnis ini, termasuk para mahasiswa yang ingin mencoba peruntungannya dengan berjualan makanan ringan sampol ayam.

Wah ternyata ada banyak juga ide bisnis makanan ringan kekinian yang sangat cocok untuk para mahasiswa. Merintis usaha sejak dini memang memiliki tantangan tersendiri. Dengan menjalankan salah satu ide bisnis di atas, bukan tidak mungkin kamu menjadi pengusaha makanan rigan yang sukses di usia muda. Sehingga ketika sudah lulus kuliah nanti kamu hanya perlu mengembangkan bisnis yang telah kamu rintis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *