12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar tidak Boros

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Besar kecilnya penghasilan dalam sebuah rumah tangga akan berpengaruh terhadap bagaimana cara mengaturnya agar tidak boros. Apalagi jika gaji kamu bersifat gaji bulanan tetap sementara kebutuhan di setiap bulannya sering kali mengalami naik turun. Bagi mereka yang memiliki gaji kecil juga pasti akan merasa kesulitan untuk menyimpan dana untuk berbagai kebutuhan seperti dana darurat, dana investasi, dana sekolah anak, dana pensiun dan lain sebagainya.

Bahkan tak jarang ada saja orang yang kehabisan dana di pertengahan bulan. Hal ini bisa terjadi akibat mereka tidak mengerti bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik dan benar supaya tidak terjadi pemborosan. Nah untuk itulah setiap keluarga kini harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Apalagi di zaman sekarang ini kebutuhan semakin banyak jadi harus pandai dalam mengatur uang.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setip keluarga pasti memiliki rencana sendiri untuk kedepannya mulai dari liburan, memiliki kendaraan sendiri, dana untuk sekolah anak, dana untuk pensiun dan sebagainya. Sedangkan semua rencana tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit, sementara untuk mendapatkan penghasilan tambahan bukanlah sesuatu yang mudah di lakukan. Untuk itulah setiap keluarga perlu mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim agar tidak boros.

1.Lakukan Evaluasi Biaya Rumah

Banyak orang yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan keluarga, alasannya karena cicilan rumah (KPR) yang sudah memotong sebagian besar gaji bulanan. Alangkah baiknya jika cicilan rumah hanya 25% dari total gaji untuk setiap bulannya. Sebaiknya kamu dan keluarga mencari KPR yang menawarkan cicilan paling kecil atau jika memang belum mampu untuk KPR rumah sebaiknya kamu mencari kontrakan dengan buaya murah. Intinya adalah kamu harus pandai dalam mencari informasi.

Sedangkan jika kamu dan keluarga telah memiliki tempat tinggal sendiri, sebaiknya kamu menyisihkan uang setiap bulan untuk investasi atau untuk dana darurat. Lalu jika kamu masih lajang, kamu dapat menyewakan kamar untuk 2 orang. Nantinya uang hasil menyewakan kamar tersebut dapat kamu pakai untuk membayar cicilan rumah sehingga akan terasa lebih ringan dan ini menjadi salah satu cara investasi yang sangat baik. Dengan cara ini kamu juga dapat menyisihkan sebagian uang kamu untuk investasi ke hal lain seperti untuk tabungan.

2.Buat Rencana Belanja Bulanan dengan Baik

Pemborosan kerap kali terjadi karena terlalu mengikuti keinginan semata, sementara keinginan tak selalu menjadi sebuah kebutuhan yang harus di penuhi. Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta adalah dengan membuat rencana belanja bulanan menggunakan anggaran yang tertulis. Gunakan uang untuk membeli semua kebutuhan yang telah di rancang sebelumnya.

Ketika sudah waktunya untuk membeli apa yang di butuhkan maka anggaran yang di butuhkan sudah siap. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah di rencanakan, karena sisa anggaran tersebut dapat di alokasikan untuk membeli kebutuhan lain. Membuat rencana anggaran bulanan dalam bentuk tulisan akan menghindarkan kamu dari risiko membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu.

Buat rancangan anggaran bulanan secara tertulis dengan membaginya menjadi dua jenis yaitu anggaran untuk kebutuhan primer dan anggaran untuk kebutuhan tersier. Kebutuhan primer di antaranya seperti makan, biaya transportasi, biaya tagihan bulanan meliputi listrik air, internet serta biaya cicilan rumah, kendaraan dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier meliputi anggaran untuk belanja pakaian, liburan, hangout dan lain sebagainya. Selain kamu harus bisa merancang anggaran belanja bulanan dalam bentuk tulisan, kamu juga harus bisa mematuhi rancangan yang telah kamu buat.

3.Beli Barang yang Masih Layak

Membeli barang yang masih layak untuk di gunakan juga bisa menghemat pengeluaran biaya bulanan, seperti membeli kendaraan bekas, membeli alat elektronik bekas, furniture bekas dan lain sebagainya. Ada banyak orang yang memberikan penawaran harga murah untuk barang yang jarang di gunakan dan bahkan tidak perah di gunakan sama sekali. Kadang ada pula orang yang bisa mendapatkan barang yang telah terbuka kotaknya namun barang yang ada di dalamnya belum di gunakan sama sekali dan di jual dengan harga bekas karena kotaknya telah di buka.

Ada beberapa toko online dan marketplace yang menjual barang jarang pakai, sehingga kamu harus jeli dalam mencarinya di internet. Membeli barang bekas yang masih layak untuk di gunakan atau barang bekas yang memiliki kondisi seperti baru akan sangat membantu menghemat anggaran. Misalnya saja untuk keluarga baru yang pindah rumah dan membutuhkan furnitur untuk rumah. Maka bisa membeli furnitur bekas yang masih layak pakai di toko barang bekas, pasar koak atau di toko online dan jangan lupa untuk menawar barang, Dengan sedikit polesan, maka furniture bekas bsa terlihat seperti baru.

4.Kontrol Kartu Kredit

Banyak orang yang lebih suka berbelanja dengan menggunakan kartu kredit alasannya karena mudah dan cepat. Perlu kamu tahu jika kartu kredit dapat membantu mengelola keuangan rumah tangga kamu, yaitu dengan cara memanfaatkan promo yang ada untuk membeli barang yang di butuhkan. Sebaliknya kartu kredit juga akan merugikan keuangan kamu karena kamu bisa saja terjebak dalam utang jangka panjang jika salah dalam menggunakannya.

Penelitian telah membuktikan jika kartu kredit dapat membuat boros, karena selain harus mengeluarkan uang untuk membeli barang ada pula biaya bunga serta biaya admin yang juga harus di bayar. Jika kamu tidak bisa mengontrol kartu kredit, maka sebaiknya lupakan saja kartu kredit jika ingin berhemat dan menyimpan uang. Kebiasaan menggunakan kartu kredit secara asal-asalan justru akan membahayakan keuangan rumah tangga kamu, jangan sampai rumah tangga ribut gara-gara kartu kredit.

5.Gunakan Pengaturan Suhu Otomatis

Memiliki pengaturan suhu yang bisa di atur secara otomatis dapat menghemat uang kamu, dengan begitu kamu bisa menyisihkan uang untuk di tabung. Belilah pengaturan suhu yang memiliki daya energi paling rendah, sehingga biaya pengeluaran bisa lebih hemat meskipun biaya untuk membelinya lebih mahal di bandingkan dengan yang biasa.

Meskipun bisa di program secara otomatis, kamu tetap dapat mengubahnya secara manual sesuai dengan keinginan. Pengaturan suhu yang canggih dapat merasakan jika pemilik telah menjauh dari rumah sehingga dapat mengecilkan pemakaian daya energi. Ini jauh lebih efisien, meskipun harganya lebih mahal namun bisa lebih hemat dan awet. Saat ini sudah ada banyak brand yang membuatnya bisa di program secara otomatis dan di sesuaikan dengan PK yang di inginkan.

6.Kurangi Naik Kendaraan Pribadi

Kebiasaan orang adalah selalu menggunakan kendaraan pribadi ketika pergi ke mana saja, bahkan untuk pergi ke tempat yang dekat sekalipun. Padalah jika berjalan kaki atau naik sepedah untuk pergi ke suatu tempat yang dekat akan jadi jauh lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar. Bukan hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan manfaat lain salah satunya adalah tubuh kamu akan jadi jauh lebih sehat dan bugar karena sering berolahraga santai.

7.Batasi Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas

Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran, misalnya keluar untuk membeli makan siang sekalian saja menyelesaikan tugas di luar kantor. Aktivitas seperti ini akan menghemat pengeluaran biaya BBM daripada melakukan aktivitas sepele yang tidak efisien. Kamu dapat menyimpan selisih uang yang kamu dapatkan. Bahkan jika rumah kamu berdekatan dengan tempat bekerja kamu bisa ke rumah untuk makan dan minum kopi. Selalu ada cara untuk menghemat dan menambah tabungan, semua tergantung dari kamu.

8.Buat Rencana Daftar Belanja

Cara mengatur keuangan bulanan berikutnya adalah dengan membuat rencana daftar belanja. Mengatur rencana daftar belanja akan sangat efisien untuk kamu, karena belanja dalam jumlah banyak biasanya harganya akan jauh lebih murah sehingga kamu dapat menghemat pengeluaran dan kamu juga bisa mengalokasikan sisa uang untuk di tabung atau membeli barang lainnya.

9.Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan waktu luang kamu semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan misalnya saja menjual pulsa, paket data internet, menjadi penulis lepas, berjualan secara online atau menjalankan bisnis rumahan seperti jualan keripik, kerupuk, kue kering dan lain sebagainya. Di zaman sekarang ini ada banyak sekali ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba jalankan di samping pekerjaan utama.

Baca Juga: Peluang Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

10.Bayar Tagihan TV Kabel Tepat Waktu

Membayar biaya tagihan TV kabel tepat waktu atau jika mungkin kamu bisa berhenti berlangganan TV kabel dengan begitu kamu bisa lebih hemat uang dan dapat menyimpan uang untuk kebutuhan di masa mendatang. Meski sudah berhenti berlangganan kamu masih bisa mendapatkan saluran TV secara gratis dan tetap bisa menikmati berbagai acara dan berita yang di butuhkan. Dengan begitu akan ada lebih banyak uang yang bisa kamu simpan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.

11.Kurangi Kebiasaan Makan di Luar

Salah satu kebiasaan buruk orang adalah terlalu sering makan di luar seperti di cafe atau restoran. Tak salah makan di luar rumah tetapi jangan terlalu sering. Lebih sering makan di rumah adalah salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Karena sudah pasti makanan yang di jual di luar memiliki harga yang lebih mahal ketimbang kita membuatnya sendiri di rumah. Jika terlalu sering di lakukan maka ini akan berdampak pada pengeluaran yang membengkak.

12.Selalu Gunakan Kupon Diskon atau Kode Promo

Jika kamu memiliki kupon diskon maka gunakanlah agar bisa mendapatkan barang yang di inginkan dengan potongan harga. Jika kamu lebih sering belanja kebutuhan di toko online atau marketplace, biasanya akan ada kode promo di hari atau waktu tertentu. Manfaatkan kode promo tersebut sebaik mungkin. Kuncinya adalah kamu harus pandai untuk mencari kupon diskon maupun kode promo.

Disiplin Keuangan, Kunci Sukses Mengatur Uang

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengatur keuangan rumah tangga asalkan kamu bisa berpikir bijak soal penghasilan. Disipli dalam menjalankan semua rencana yang telah di buat adalah kunci sukses dalam mengatur keuangan. Coba praktekan cara di atas dalam kehidupan kamu agar bisa mendapatkan kondisi finansial yang baik dan sehat. Coba hitung berapa uang yang telah kamu hemat dari beberapa cara di atas, simpan uang selisih yang kamu dapat untuk di jadikan sebagai investasi atau membeli kebutuhan yang lain.

Demikianlah pembahasan kami mengenai bagaimana cara atur keuangaun dengan gaji kecil. Memang mengelola keuangan untuk rumah tangga terasa sangat sulit. Namun dengan mengubah cara mengatur belanja bulanan dan menyimpan sedikit sisa penghasilan akan membuat finansial keluarga kamu menjadi sehat dan terhindar dari risiko boros.

Leave a Comment