9 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Cara Mengatur Keuangan Pribadi – Berapa penghasilan yang kamu dapatkan di setiap bulanya? Apakah penghasilan sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan atau justru malah pas-pasan? Banyak karyawan yang sering mengeluh masalah keuangan pribadi mereka dikarenakan penghasilan yang mereka dapatkan terlalu kecil. Sementara ada banyak kebutuhan sehari-hari yang harus mereka penuhi.

Bukan hanya karyawan saja yang merasakan hal tersebut, tetapi juga para mahasiswa dan pelajar pun banyak yang mengeluhkan masalah keuangan pribadinya. Meskipun mengatur keuangan pribadi tak sesulit mengatur keuangan keluarga, namun tetap saja tak semua orang tahu bagaimana caranya. Maka dari itulah di artikel kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan baik.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Baik

Tak sedikit orang yang kehabisan uang di pertengahan bulan akibat tidak mengerti bagaimana cara mengelola keuangan pribadi dengan baik. Alhasil di akhir bulan mereka harus rela untuk berhemat atau bahkan berhutang ke teman demi bisa memenuhi kebutuhan di akhir bulan. Maka dari itulah penting sekali bagi setiap orang baik karyawan, mahasiswa dan pelajar untuk mengetahui bagaimana cara mengtur keuangan pribadi dengan baik.

1.Membuat Rencana Pengeluaran Bulanan

Meski terdegan klise, tapi cara ini sangat efektif supaya penghasilan kamu tidak hanya sekeran mampir di kantong saja. Dengan membuat rancangan pengeluaran secara tertulis, kamu akan bisa membedakan pana kebutuhan yang harus di penuhi dan mana kebutuhan yang masih bisa di tunda untuk sementara. Di dalam membuat sebuah rancangan pengeluaran, kamu harus bisa menentukan mana saja kebutuhan yang menjadi prioritas utama dan menganggarkan sebagian besar dana untuk hal itu.

Cara membuat rancangan pengeluaran tidaklah sesulit yang di bayangkan, intinya adalah jumlah pengeluaran harus lebih kecil dari jumlah pemasukan kamu. Jika pengeluaran lebih besar, artinya kemungkinan besar kamu akan berhutang. Sebaliknya jika pengeluaran lebih kecil maka kesempatan kamu untuk menabung akan lebih besar. Menabung juga tidak selalu dalam bentuk uang, tetapi juga bisa dalam bentuk barang misalnya saja emas dan perhiasan lainnya.

Selain itu yang paling penting setelah membuat rancangan pengeluaran bulanan adalah disiplin dalam menjalankan dan mematuhi semua rancangan yang telah di buat. Di perlukan juga pengendalian diri agar semua rancangan yang sudah di buat bisa terlaksanakan dengan baik. Maka dari itu untuk mendapatkan kondisi keuangan yang baik kamu perlu mengetahui apa yag benar-benar kamu butuhkan dan memprioritaskan sebagian besar anggaran untuk membeli semua kebutuhan utama kamu.

2.Selalu Bersikap Hemat

Apabila penghasilan kamu setiap bulan di rasa pas-pasan, maka cara yang paling efektif agar bisa bertahan sampai akhir bulan adalah dengan cara berhemat. Berhemat di sini bukanlah pelit hingga merugikan diri sendiri. Jika memang ada kebutuhan yang harus di penuhi maka segera untuk tuntaskan. Misalnya saja mengurangi jatah makan atau mengurangi kualitas makan kamu. Jika ini kamu lakukan terlalu sering maka akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akhirnya kamu harus keluar uang lebih untuk periksa ke rumah sakit.

Hemat yang di maksud adalah memanfaatkan berbagai situasi dan melakukan sedikit trik. Contohnya saja seperti memanfaatkan diskon atau promo ketika ingin membeli barang yang di inginkan, membeli barang dalam jumlah besar sehingga bisa mendapatkan potongan harga. membuat segala sesuatu yang dapat di kerjakan sendiri dan lain sebagainya. Jika kamu pandai melakukannya, bayangkan saja berapa uang yang bisa kamu hemat.

3.Membeli Barang yang Masih Layak Pakai

Membeli barang yang masih layak untuk di pakai juga menjadi salah satu ara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros. Dengan membeli barang bekas yang masih layak pakai maka kamu dapat menghemat pengeluaran bulanan kamu. Misalnya saja kamu ingin membeli smartphone, maka carilah smartphone bekas yang masih dalam kondisi bagus. Ada banyak orang yang menawarkan harga murah untuk barang yang jarang di gunakan atau bahkan belum di pakai sama sekali.

Ada banyak toko online dan marketplace yang menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai sehingga kamu haris jeli untuk mencarinya di internet. Dengan kamu membeli barang bekas yang masih layak untuk di pakai atau membeli barang bekas yang masih dalam kondisi baru maka akan sangat membantu menghemat pengeluaran kamu. Meskipun kamu telah mendapatkan penawaran barang dengan harga murah, jangan ragu untuk menawarnya lagi demi mendapatkan harga semurah mungkin.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar tidak Boros

4.Cerdas Memilih Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tips lain untuk mengatur keuangan buat kamu yang memiliki gaji minim adalah cerdas dalam memilih mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang merupakan keinginan. Banyak orang yang terjebak pada keinginannya, hal itu karena keinginan kadang terlihat sama dengan kebutuhan yang harus di penuhi. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas jika cermat dalam melihatnya. Perbedaan tersebut adalah perlu tidaknya barang tersebut untuk di beli.

Umumnya sebuah keinginan tidak terlalu mendesak sehingga bisa di tunda untuk sementara waktu. Jika tidak di lakukan pun tidak akan memberikan dampak yang besar. Lalu biasanya keinginan juga hanya bersifat hiburan dan sekedar untuk memuaskan hasrat diri sendiri. Sementara kebutuhan adalah sesuatu yang wajib untuk di penuhi dan tidak bisa tidak di lakukan. Jadi jika kamu memiliki penghasilan pas-pasan, maka dahulukan kebutuhan barulah keinginan.

5.Hindari Makan di Luar

Menghindari makan di luar merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa dan karyawan. Tak salah makan di luar tetapi jangan terlalu sering. Hemat uang kamu dengan lebih sering makan di rumah. Karena sudah pasti makanan yang di jual di luar memiliki harga yang lebih mahal. Alangkah baiknya jika kamu memasak sendiri di rumah, selain bisa lebih hemat kamu juga bisa mengatur porsi makan yang kamu butuhkan. Jika terlalu sering makan di luar maka akan memberikan dampak buruk untuk keuangan pribadi kamu.

6.Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Salah satu kebiasaan yang kerap di lakukan oleh masyarakat Indonesia adalah menggunakan kendaraan bermotor hanya untuk pergi ke tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh. Padahal ini termasuk pemborosan, karena kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk membeli BBM. Alangkah baiknya jika ingin pergi ke tempat yang dekat kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain akan menghemat pengeluaran, tubuh kamu juga akan terasa lebih sehat dan bugar karena sering berolahraga santai.

7.Batasi Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas

Kamu bisa melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat keuangan kamu. Misalnya saja ketika kamu ingin makan siang di luar kantor maka kamu bisa sekalian untuk menyelesaikan tugas di luar kantor. Sehingga ini akan lebih efisien baik dari segi waktu maupun pengeluaran kamu. Simpan selisih uang yang kamu dapatkan untuk memenuhi kebutuhan lain. Bahkan jika rumah kamu dekat dengan tempat kerja atau tempat kuliah maka tak ada salahnya untuk makan di rumah saja. Bayangkan berapa uang yang telah kamu hemat ketika melakukan beberapa aktivitas sekaligus.

9.Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan waktu luang kamu untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan tambahan. misalnya saja kamu berjualan di marketplace, berjualan pulsa dan paket internet, menjadi penulis dan blogger. Apalagi saat ini ada banyak sekali peluang usaha modal kecil yang bisa di jalankan di rumah. Sehingga siapa pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan termasuk karyawan dan mahasiswa.

Demikianlah pembahasan kami mengenai bagaimana cara mengatur keuangan pribadi degan gaji kecil. Disiplin untuk melaksanakan semua rancangan yang telah kamu buat adalah kunci untuk hidup hemat dan tidak boros. Semoga dengan artikel ini kamu bisa mengelola keuangan sendiri dengan baik.

Leave a Comment