Apa Itu Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif

Apa Itu Industri Kreatif – Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia semak pesat saja, hal itu pun menunjukkan bahwa ekonomi kreatif di Indonesia mampu untuk bersaing dengan negara-negara besar lainnya. Hal itu juga menunjukkan jika perekonomian di Indonesia selangkah lebih maju. Perkembangan ekonomi global pun ikut turut membawa pengaruh besar dalam perekonomian di Indonesia.

Kreativitas dalam menciptakan berbagain inovasi sangat di perlukan dalam menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini. Hal itu dikarenakan persaingan yang semakin ketat di kalangan para pelaku ekonomi. Industri kreatif menjadi menjadi sebuah inovasi dan pembeda di antara banyaknya produk dan layanan dalam dunia bisnis.

Pasalnya semua produk yang di hasilkan oleh para pelaku industri kreatif adalah buah dari pemikiran orang-orang kreatif yang menghasilkan inovasi baru di mana hal itu dapat menjadi sebuah pelopor. Tumbuhnya berbagai inovasi dan kreativitas yang banyak di ciptakan dalam industri ini membuah pemerintah harus memberikan perhatian lebih pada industri kreatif.

Apa Itu Industri Kreatif?

Pengertian industri kreatif adalah proses penciptaan sesuatu yang di landaskan dari kreativitas dan ide seseorang atau sekelompok orang yang bisa menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam serta bisa di jadikan sebagai produk ekonomi yang menghasilkan.

Kreativitas yang di hasilkan juga harus bisa memberikan peluang pekerjaan bagi banyak orang. Maka dari itu pemerintah haruslah mengembangkan industri kreatif ini sebagai salah satu penopang perekonomian di Indonesia. Mengingat sumber daya alam tak terus menerus ada dan justru malah semakin menipis akibat dari eksploitasi berlebihan yang di lakukan oleh manusia.

Jenis-Jenis Industri Kreatif

Setidaknya negara tercinta kita ini memiliki 14 jenis industri yang bisa di katakan sebagai kreativitas yang di hasilkan untuk menopang perekonomian di Indonesia. Indonesia di katakan sebagai salah satu negara yang berpotensi untuk mengembangkan industri kreatif. Berikut ini jenis-jenis industri kreatif di Indonesia.

  • Periklanan
  • Web Developer
  • Penerbitan dan Percetakan
  • Seni Pertunjukan
  • Kerajinan Tangan
  • Seni dan Budaya
  • Musik
  • Film dan Fotografi
  • Arsitektur
  • Fashion
  • Permainan Interaktif
  • Riset dan Pengembangan

Semua industri yang di sebutkan di atas tergolong dalam industri kreatif. Hal tersebut dikarenakan tumbuhnya industri ini karena kreativitas dan ide brilian dari para pelaku industri kreatif. Seseorang bisa menghasilkan sebuah karya dari ide yang di milikinya dan dapat di jadikan sebagai penghasilan.

Manfaat Industri Kreatif

Ada banyak sekali jenis industri yang ada di dunia ini dan tak semuanya bergantung pada sumber daya alam. Mengingat sangat terbatasnya sumber daya alam, maka dari itu Indonesia mulai mencontoh negara-negara yang telah maju dalam mengembangkan industri kreatif mereka sebagai tumpuan perekonomian negara.

Dampak positif lain dari adanya industri ini adalah mendorong masyarakat untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan berbagai produk yang dapat menghasilkan uang. Khususnya di negara tercinta kita ini yang memiliki banyak sekali sumber daya manusia yang masih sangat produktif. Dengan begitu sangat memungkinkan untuk menciptakan ide-ide baru di kalangan mereka.

Di masa yang akan datang industri kreatif bisa di jadikan sebagai penopang perekonomian negara Indonesia. Itu juga yang menjadi alasan mengapa pemerintah Indonesia saat ini mulai melirik industri kreatif sebagai penopang perekonomian negara. Industri ini juga di harapkan menjadi salah satu alternatif penopang perekonomian di samping industri lain yang telah berjalan sejak lama.

Pemerintah pun tak mau kecolongan, mereka mengeluarkan kebijakan yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan industri kreatif ini. Melihat dampak yang sangat besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi negara-negara maju juga telah menerapkan industri kreatif pada negaranya dan menjadi penopang terbesar perekonomian negara.

Contoh Industri Kreatif

Industri kreatif yang mampu untuk menghasilkan sebuah karya, tapi di sisi lain juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Dengan mengasah kreativitas dari para pelaku usahanya dan menitikberatkan pada sektor percetakan, perfilman, fotografi, fashion dan yang sedang naik daun saat ini adalah menjadi seorang content creator.

Pembuatan furniture juga menjadi salah satu contoh industri kreatif. Kreativitas dan ide seorang pengrajin kayu di tentukan oleh hasil karya yang di ciptakannya. Selain itu pembuatan batik juga termasuk dalam contoh industri di bidang kreatif. Di mana membutuhkan sebuah kreativitas dalam menciptakan kain batik yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Tak heran jika pemerintah menaruh perhatian lebih pada industri kreatif khususnya di sektor pembuatan batik dan furniture.

Contoh lainnya adalah menjadi seorang content creator misalnya menjadi YouTuber, Blogger, Selebgram dan Penulis tentu semuanya membutuhkan sebuah kreativitas untuk menciptakan konten yang berkualitas, menarik serta bisa di terima oleh banyak orang. Meski masih tergolong baru, tapi industri kreatif ini sudah cukup membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Dengan demikian industri kreatif ini harus terus di kembangkan oleh pemerintah Indonesia. Mengingat masyarakat dengan usia produktif semakin banyak jumlahnya. Belajar dari industri yang ada di negara maju. Di mana industri ini mampu untuk menumbuhkan perekonomian di negara maju tersebut. Selain itu kreativitas juga menjadi bagian dari ide yang dapat menciptakan sebuah barang tak berwujud (digital) dengan nilai ekonomi tinggi.

Apalagi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam mengembangkan industri kreatif. Terbukti dari kreativitas yang di hasilkan para generasi muda yang turut menopang perekonomian di negara kita ini. Sudah sepantasnya jika pemerintah lebih memperhatikan perkembangan industri kreatif di Indonesia. Karena dalam beberapa tahun kedepan, bisa di pastikan industri ini menjadi penopang terbesar perekonomian negara.

Kebijakan Pemerintah

Sadar akan potensi yang sangat besar untuk menopang perekonomian negara. Layaknya negara-negara maju lain yang telah lebih dahulu menumbuhkan industri kreatif untuk kegiatan perekonomian yang lebih baik. Pemerintah Indonesia pun mulai membuat kebijakan mengenai industri kreatif.

1.Mendorong Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas dan inovasi dalam bentuk yang lebih baik sangat di dukung oleh pemerintah dengan memberikan modal, serta penyediaan berbagai fasilitas pendukung untuk mengembangkan industri kreatif ini. Dengan demikian akan lebih banyak ide kreatif yang muncul untuk menciptakan produk yang memiliki nilai jual tinggi.

Kreativitas serta ide yang muncul di masyarakat harus bisa di saring dan di kelola dengan baik. Dengan cara inilah sebuah persaingan bisnis tidak akan menimbulkan sebuah perselisihan di antara pelakunya. Terutama untuk hal kreativitas, di mana sebuah ide bisa dengan mudah di curi serta di akui oleh orang lain.

2.Mengintegrasikan Aset dan Potensi

Kebijakan dari pemerintah untuk industri kreatf di Indonesia dalah dengan mengintegrasikan seluruh aset dan potensi pengembangan kreativitas. Memaksimalkan pengelolaan aset dapat di jadikan sebagai sumber modal untuk mengembangkan industri 4.0 ini. Dengan demikian potensi kreativitas bisa di kembangkan secara lebih maksimal.

Mengintegrasikan seluruh aset dan potensi kreativitas yang di hasilkan oleh para pelaku bisnis dapat menjadi satu kesatuan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Dengan demikian masyarakat akan turut berpartisipasi untuk menghasilkan ide-ide kreatif mereka.

3.Membentuk Badan Ekonomi Kreatif

Badan Ekonomi Kreatif atau yang di singkat dengan Bekraf merupakan sebuah institusi yang di buat oleh Presiden guna sebagai wadah pengelolaan kreativitas yang bisa di olah menjadi sebuah ide. Keberadaan institusi ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk terus menciptakan ide-ide yang bisa menghasilkan karya bernilai tinggi.

Keberadaan institusi ini dapat menjadi sarana untuk mewujudkan pertumbuhan perekonomian yang lebih baik di negara Indonesia ini dengan menciptakan ide-ide yang lebih fresh. Dengan demikian badan milik pemerintah ini bisa menjadi tempat untuk menyalurkan pertumbuhan ekonomi negara dari ide-ide yang dimilikinya.

4.Meregulasi dan Mendukung Kreativitas Masyarakat

Pemerintah Indonesia harus melakukan regulasi serta mendukung segala kreativitas yang di salurkan oleh masyarakat guna untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam industri ini serta agar tidak menimbulkan perselisihan di antara pelaku bisnis yang satu dan pelaku bisnis lainnya. Perlindungan terhadap hak cipta juga menjadi salah satu bentuk dukungan dari pemerintah.

Industri kreatif ini sudah sangat berkembang di negara-negara maju terutama di kawasan Eropa dan Amerika. Di mana pemerintahnya telah memiliki kesadaran penuh bahwa negaranya memiliki keterbatasan dalam hal ketersediaan sumber daya alam sebagai bahan baku. Oleh sebab itu sudah saatnya untuk menghasilkan uang dari ide dan kreativitas.

Manusia adalah manusia yang pandai dalam mengeksplorasi segala sesuatu dan memiliki kreativitas tanpa batas. Maka dar itu industri ini memiliki potensi untuk terus bertumbuh tanpa perlu lagi bergantung pada sumber daya alam yang sangat terbatas dan bisa habis kapan saja.

Jika kamu tertarik untuk mengembangkan industri maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis kamu. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi adalah dengan memiliki sebuah website sebagai penunjang dalam menjalankan semua bisnis kamu. Di mana dalam industri 4.0 seperti saat ini, masyarakat umumnya telah sangat melek dengan teknologi dan internet.

Sehingga keberadaan website dalam bisnis kamu dapat menjadi sebuah sarana terbaik untuk mengembangkan bisnis kamu. Banyak sekali manfaat website bagi perusahaan maupun untuk para pelaku bisnis kreatif. Misalnya saja sebuah website dapat menjadi sarana promosi paling efektif, karena website bisa menjangkau lebih banyak konsumen potensial dari seluruh dunia.

Lebih dari itu, website dapat pula di manfaatkan ke sektor lain di luar bisnis misalnya saja sebagai sarana edukasi yang efektif, website sebagai sebuah sistem yang dapat mengintegrasikan berbagai hal menjadi satu sehingga jadi lebih mudah dan efisien. Masih banyak lagi manfaat website yang tentunya akan terus berkembang seiring pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai apa itu industri kreatif dan contoh industri kreatif di Indonesia. Wah ternyata industri kreatif itu mampu menjadi salah satu alternatif yang bisa menopang perekonomian sebuah negara. Kedepannya pasti akan semakin banyak negara-negara yang mengembangkan industri kreatif, sehingga kita tak boleh kalah dari mereka.

Leave a Comment